Wednesday, April 13, 2016

Langkah Langkah Membuat Event (1)


Pada saat ini banyak sekali event yang ada di ibu kota Jakarta, baik itu acara musik, acara seni, acara seminar dan acara-acara lain nya. Pernah ga sih kepikirian untuk tau bagaimana membuat suatu event? Beda ga sih cara membuat event yang skala kecil? skala besar? atau mungkin event dengan bidang yang jauh berbeda seperti seminar dan pentas musik? Yuk kita bahas satu persatu tentang langkah-langkah membuat event.

Dalam pembuatan suatu event pasti kita berangkat dari sebuah tujuan kenapa event tersebut harus berlangsung? Dan apa peran kita di event tersebut? Tentu hal tersebut kalian sendiri yang bisa menjawab :), tapi nih ada kesamaan dari berbagai macam alasan dalam tujuan pembuatan suatu event, yaitu kesuksesan dari event tersebut! Penasaran ga sih rahasia sukses nya? Tenang sesuai dengan kalimat yang di atas kita akan bahas satu persatu ya, setuju? oke mari kita lanjut. Jadi kesuksesan dari suatu event yang kalian inginkan itu harus berawal dari komitmen, karena pada dasar nya ketika kalian sudah memulai untuk melangkah dari satu step atau satu fase ke fase berikut nya “there is no turning back”  atau dengan kata lain bagaimana pun penyesuaian dari event tersebut yang tidak jarang jauh berbeda dengan apa yang sudah kita rencanakan, event tersebut  harus lah tetap berlangsung sesuai dengan tujuan awal nya, ingat ya TUJUAN AWAL NYA, makanya penting banget tujuan dan komitmen kita dari awal, untuk sebuah event.

Setelah menentukan tujuan dan meyakini komitmen secara individu jangan lupa ingatkan ini kepada team, terlebih lagi jika team kalian beranggotakan cukup banyak, tentu nya kesamaan tujuan dan komitmen bersama sangat penting. Langkah selanjut nya adalah proses pembuatan suatu ide atau yang sering banyak di dengar dengan istilah brainstorming. Pada fase ini sangat di tuntut kreativitas baik dari team ataupun individu, kenapa? Karena hal ini sangat mempengaruhi segala hal baik secara teknis maupun pendanaan dalam sebuah event.

Biasanya fase pembentukan sebuah ide bisa menjadi sangat melelahkan ataupun sangat menyenangkan karena tidak ada batasan dalam pembuat ide tersebut terlepas dari jenis event tersebut atau pun latar belakang kalian sebagai pembuat event. Maka dari itu sangat perlu untuk membuat timeline yang termasuk deadline dari setiap langkah-langkah pembuatan event. Contoh sedikit seperti saat kalian bingung rasa nya tidak ada yang sesuai dengan ide yang sudah di ungkapkan, namun 3 hari lagi deadline untuk masuk ke fase berikut nya, saran saya adalah tentu nya sampai 3 hari kedepan harus memaksimalkan waktu yang ada namun pada saat hari dimana deadline dari ide tersebut harus di tentukan maka pilihlah ide terbaik dari yang sudah ada, jangan mengundurkan deadline yang sudah di tentukan dari awal karena ketepatan waktu adalah bagian dari komitmen kita juga J.

Langkah selanjut nya adalah melakukan konsultasi kepada seseorang yang sudah memiliki pengalaman terhadap suatu bidang dari event tersebut, seperti jika kalian mengadakan acara musik, kalian bisa menanyakan relasi yang pernah menjadi penyelenggara acara musik, kemudian jangan lupa tanyakan kepada seseorang yang pernah menonton acara musik. Jangan takut ide kalian di ambil, karena tentu nya kalian tidak bertanya kepada kompetitor bukan? Dan percayalah bahwa jika mereka mengambil ide kalian maka belum tentu mereka dapat menjalankan nya dengan baik. Konsultasi ini sendiri bertujuan untuk mengetahui apakah ide yang kalian miliki cukup realistis? Apakah ide kalian ini diminati atau di sukai orang lain? Atau hanya kalian sendiri yang menganggap ide ini cemerlang? Dari konsultasi ini kalian tentu nya akan mendapatkan sudut pandang baru yang pasti nya menambah kematangan konsep event kalian.


Masih penasaran dengan fase berikut nya? Sesuai dengan judul pada artikel ini yaitu “Langkah Langkah Membuat Event” tentu nya langkah yang baik harus lah detail, betul? Dan agar mengerti harus lah membaca dengan perlahan, betul? Demi kesuksesan bersama maka tunggu artikel lanjutan nya ya! Kita akan bahas lebih dalam lagi mengenai langkah langkah membuat event! See you!

1 comment: