Langkah Langkah Membuat Event (1)
Pada saat ini banyak sekali event yang ada di ibu kota
Jakarta, baik itu acara musik, acara seni, acara seminar dan acara-acara lain
nya. Pernah ga sih kepikirian untuk tau bagaimana membuat suatu event? Beda ga
sih cara membuat event yang skala kecil? skala besar? atau mungkin event dengan
bidang yang jauh berbeda seperti seminar dan pentas musik? Yuk kita bahas satu
persatu tentang langkah-langkah membuat event.
Dalam pembuatan suatu event pasti kita berangkat dari sebuah
tujuan kenapa event tersebut harus berlangsung? Dan apa peran kita di event
tersebut? Tentu hal tersebut kalian sendiri yang bisa menjawab :), tapi nih ada
kesamaan dari berbagai macam alasan dalam tujuan pembuatan suatu event, yaitu
kesuksesan dari event tersebut! Penasaran ga sih rahasia sukses nya? Tenang
sesuai dengan kalimat yang di atas kita akan bahas satu persatu ya, setuju? oke
mari kita lanjut. Jadi kesuksesan dari suatu event yang kalian inginkan itu
harus berawal dari komitmen, karena pada dasar nya ketika kalian sudah memulai
untuk melangkah dari satu step atau satu fase ke fase berikut nya “there is no
turning back” atau dengan kata lain
bagaimana pun penyesuaian dari event tersebut yang tidak jarang jauh berbeda
dengan apa yang sudah kita rencanakan, event tersebut harus lah tetap berlangsung sesuai dengan
tujuan awal nya, ingat ya TUJUAN AWAL NYA, makanya penting banget tujuan dan
komitmen kita dari awal, untuk sebuah event.
Setelah menentukan tujuan dan meyakini komitmen secara
individu jangan lupa ingatkan ini kepada team, terlebih lagi jika team kalian
beranggotakan cukup banyak, tentu nya kesamaan tujuan dan komitmen bersama
sangat penting. Langkah selanjut nya adalah proses pembuatan suatu ide atau
yang sering banyak di dengar dengan istilah brainstorming. Pada fase ini sangat
di tuntut kreativitas baik dari team ataupun individu, kenapa? Karena hal ini
sangat mempengaruhi segala hal baik secara teknis maupun pendanaan dalam sebuah
event.
Biasanya fase pembentukan sebuah ide bisa menjadi sangat
melelahkan ataupun sangat menyenangkan karena tidak ada batasan dalam pembuat
ide tersebut terlepas dari jenis event tersebut atau pun latar belakang kalian
sebagai pembuat event. Maka dari itu sangat perlu untuk membuat timeline yang
termasuk deadline dari setiap langkah-langkah pembuatan event. Contoh sedikit
seperti saat kalian bingung rasa nya tidak ada yang sesuai dengan ide yang
sudah di ungkapkan, namun 3 hari lagi deadline untuk masuk ke fase berikut nya,
saran saya adalah tentu nya sampai 3 hari kedepan harus memaksimalkan waktu
yang ada namun pada saat hari dimana deadline dari ide tersebut harus di
tentukan maka pilihlah ide terbaik dari yang sudah ada, jangan mengundurkan
deadline yang sudah di tentukan dari awal karena ketepatan waktu adalah bagian
dari komitmen kita juga J.
Langkah selanjut nya adalah melakukan konsultasi kepada
seseorang yang sudah memiliki pengalaman terhadap suatu bidang dari event
tersebut, seperti jika kalian mengadakan acara musik, kalian bisa menanyakan
relasi yang pernah menjadi penyelenggara acara musik, kemudian jangan lupa
tanyakan kepada seseorang yang pernah menonton acara musik. Jangan takut ide
kalian di ambil, karena tentu nya kalian tidak bertanya kepada kompetitor
bukan? Dan percayalah bahwa jika mereka mengambil ide kalian maka belum tentu
mereka dapat menjalankan nya dengan baik. Konsultasi ini sendiri bertujuan untuk mengetahui apakah ide yang kalian miliki cukup realistis? Apakah ide kalian ini
diminati atau di sukai orang lain? Atau hanya kalian sendiri yang menganggap
ide ini cemerlang? Dari konsultasi ini kalian tentu nya akan mendapatkan sudut
pandang baru yang pasti nya menambah kematangan konsep event kalian.
Masih penasaran dengan fase berikut nya? Sesuai dengan judul
pada artikel ini yaitu “Langkah Langkah Membuat Event” tentu nya langkah yang baik
harus lah detail, betul? Dan agar mengerti harus lah membaca dengan perlahan, betul? Demi kesuksesan bersama maka tunggu artikel lanjutan nya ya! Kita akan bahas lebih dalam lagi
mengenai langkah langkah membuat event! See you!
Bagus nih bro rauf
ReplyDelete